Membahas dunia seputar komputer dan lainnya

Perbedaan MBR dan GPT

Master Boot Sector (MBR) 
       
            - tipe pengaturan boot sector pada harddisk dengan sistem lama. - hanya mampu mengakomodir penyimpanan data hdd < 2,2TB - hanya dapat membuat 4 partisi pada hdd - MBR dapat digunakan oleh semua OS. Hanya sistem operasi windows XP 64bit dan windows yang kompatibel saja yang dapat menjalankan GPT. MBR sudah mulai ditinggalkan sejak windows 8 Pada MBR, informasi mengenai partisi dan lokasi file sistem operasi berada pada sektor pertama dari disk tersebut. Baik firmware ataupun sistem operasi, mereka sangat bergantung pada sektor pertama disk tersebut untuk bisa bekerja dengan normal. Namun, dengan model yang seperti ini, jika sektor pertama pada MBR disk ini corrupt, kemungkinan kehilangan akses data bisa terjadi.
 
GUID Partition Table (GPT)  
 
          - Sebenarnya GPT ini merupakan bagian dari EFI system, yang mana GPT ini mendefinisikan standar layout tabel partisi pada hardisk yang menggunakan Global Unique Identifier. - bisa mengakomodir >2,2TB penyimpanan hdd hingga 9,4 ZB - dukungan partisi primary yang bisa mencapai 128 partisi.
Pada MBR hanya sektor pertama saja yang menyimpan informasi mengenai partisi dan sistem operasi.Tetapi di GPT, informasi tersebut dibackup lebih dari satu kali, sehingga meminimalisir akibat jika sektor pertama rusak 
 
by Syahrul Romadhoni
Tag : Komputer
0 Komentar untuk "Perbedaan MBR dan GPT"

Back To Top