Membahas dunia seputar komputer dan lainnya

Mengatasi Trouble Gagal Instal Printer Sharing Karena Beda Versi OS Windows

Berikut ane share pengalaman yang beberapa kali ane temuin dilapangan
Peralatan : Pc A dan laptop B, terkoneksi internet dalam 1 jaringan wifi/lan
Kondisi Spek :
  • Pc A menggunakan OS windows yang lebih lama (XP) dengan printer utama yang sudah di-sharing printernya, misal Epson L120
  • Laptop B menggunakan windows terbaru (8 keatas)
    Kasus : Laptop B tidak bisa melakukan instalasi printer sharing dari Pc A karena drivernya tidak ditemukan (karena beda versi windows) dan muncul pop up untuk mengarahkan ke driver offline.
    Solusi :
  • Dunlud dan instal dulu driver printer (dalam contoh kasus ini printer Epson L120) ke laptop B sesuai spek windows pada laptop tersebut.
  • Setelah selesai menginstal driver printer di laptop B, lakukan koneksi dan instalasi printer sharing dari laptop B menuju PC A melalui network pada mycomputer, tunggu hingga proses instalasi driver dan konfigurasi selesai.
  • Setelah proses instalasi driver printer sharing selesai, di laptop B muncul pop up Printer Device > klik File > Set As Default jika printer tersebut akan dijadikan printer utama
  • Selesai, tips ini bisa digunakan untuk semua versi windows jika mengalami kendala yang sama; selamat menggunakan. :)
Note :
Jika driver printer pada perangkat klien sudah ada maka klien tidak lagi menginstal driver dari printer host yang di-sharing; perangkat klien hanya akan melakukan konfigurasi dan membuat jalur printer baru di klien, sehingga ketika kita akan mencetak dokumen, pada device printer akan muncul ikon/pilihan printer baru (printer dari perangkat host)
 
by Syahrul Romadhoni
Tag : Komputer
0 Komentar untuk "Mengatasi Trouble Gagal Instal Printer Sharing Karena Beda Versi OS Windows"

Back To Top