Membahas dunia seputar komputer dan lainnya

Counter Pada Printer

Setiap produk printer memiliki fitur COUNTER yang fungsinya untuk menghitung berapa kali proses pencetakan yang telah dilakukan di printer tersebut.
Setiap printer memiliki batasan jumlah pencetakan masing - masing dan sayangnya jika batas maksimal hitungan pencetakan dalam counter ini telah sampai pada angka maksimal maka printer tidak akan bisa digunakan untuk mencetak lagi sebelum counter tersebut direset.
 
Salah satu contoh pada mesin printer Epson T13X, memiliki batasan maksimal untuk mencetak sebanyak 4000 lembar, jika counter sudah mencapai angka ini maka printer tidak akan bisa mencetak.
 
Umumnya salah satu tanda bahwa counter telah mencapai batasan maksimal ditandai dengan munculnya keterangan WASTE INK atau Tinta Limpah Telah Penuh. Terutama pada printer merk Canon, untuk merk lain bisa jadi berbeda pemberitahuannya.
 
Untuk mengatasi ini, maka harus menggunakan aplikasi RESETTER PRINTER yang bisa didownload di internet. Sesuaikan saja merk dan seri printer apa.
 
Jadi mulai sekarang ada baiknya jika ingin mencetak dokumen, usahakan dokumen sudah dalam bentuk matang dan tidak ada kesalahan, sehingga tidak ada penghitungan counter yang sia - sia terutama jika mencetak dalam jumlah besar. Selain juga hemat kertas dan tinta :)
 
Note : 
Tidak semua printer memiliki resetter, hanya servis center yang memilikinya, misal produk Epson terbaru Seri L, jika sudah habis counternya maka hanya bisa direset oleh pihak Epson melalui anak cabangnya di daerah.
 
Semoga Bermanfaat
 
by Syahrul Romadhoni
Tag : Komputer
0 Komentar untuk "Counter Pada Printer "

Back To Top